Jenis Wayang : Wayang Jokowi di Museum Wayang

0 15

Pertama kali melihat salah satu koleksi wayang di museum Wayang Kekayon, Anda pasti akan mengenali tokoh ini. Di museum wayang yang ini, presiden Indonesia, Jokowi dihadirkan dalam rupa wayang golek. Jokowi digambarkan bertubuh kurus, mengenakan kemeja putih serta celana hitam, rambut tersisir ke samping, dan tak lupa senyum khas Jokowi. Wayang Jokowi dipesan langsung dari seniman wayang golek dan diterima di museum sejak tahun 2015. Wayang Jokowi ini merupakan buatan seniman wayang dari Gunung Kidul, Jogja.

Seniman wayang ini asalnya dari Gunung Kidul, tepatnya di Tambakromo, Ponjong

Menurut Donny, seniman wayang yang berasal dari Gunung Kidul ini merupakan seniman wayang golek panji yang luar biasa. Seniman asal.gunung kidul tersebut kemudian melakukan sebuah inovasi dengan membuat wayang tokoh Indonesia.

Sebenarnya da tokoh lain juga, tokoh-tokoh Indonesia dan juga artis. Namun yang dipajang di museum ini (Wayang Kekayon) hanya wayang presiden Jokowi

Tidak hanya wayang Jokowi saja yang ada di museum ini. Ada dua tokoh penting lain yang juga dibuat menjadi wayang yaitu pendiri museum Wayang Kekayon, Prof. DR. Dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo dan Donny,pengelola museum sekaligus putra pendiri museum.

Source Kumparan kumparan.com/tugujogja/jokowi-kecil-di-museum-wayang-yogyakarta
Comments
Loading...