Jenis Wayang : Wayang Kancil, Kenalkan Kembali Kancil

0 193

Wayang Kancil itu diciptakan dengan maksud untuk menggali dan melestarikan sekaligus mengenalkan kembali cerita rakyat Jawa ‘Sang Kancil’ yang terkenal dengan ulah liciknya itu. Selain itu dia bermaksud untuk menghimbau kepada masyarakat yang suka merusak tanaman yang sebetulnya tanaman tersebut merupakan tanaman pelindung dari bahaya erosi. Dalam hal ini ia sedikit bercerita tentang tokoh sang Kancil. Kancil merupakan salah satu satwa yang hidup dihutan.

Dihutan Kancil dapat hidup senang karena di dalam hutan banyak makanan. Oleh karena hutan yang dapat menghidupi itu dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, maka sang Kancil mengungsi ke desa. Di desa kancil mencuri buah-buahan yang ditanam para petani. Menurut Ledjar kancil tidak salah yang salah adalah manusia yang merusak lingkungan sehingga kancil kehilangan tempat untuk mencari makan. Pementasan tokoh sang kancil ini juga dapat dipergunakan untuk media pendidikan disamping hiburan sehat.

Pada cerita itu anak-anak dapat memperoleh pengetahuan tentang menjaga keseimbangan ekosistem alam disekitar kita termasuk perlunya taman marga satwa, hutan lindung, dan sebagainya yang berhubungan dengan lingkungan. Lebih dari itu anak-anak juga dapat memperoleh pelajaran tentang moralitas, karena dalam pertunjukan wayang kancil ini selalu menampilkan dua kelompok perilaku yang saling bertentangan. Salah satu pihak bertingkah laku jahat, sedangkan dipihak lain mempunyai budi pekerti.

Source facebook.com facebook.com/notes/wayang-nusantara-indonesian-shadow-puppets/wayang-kancil-diilhami-cerita-nabi-sulaiman/219976846109
Comments
Loading...