Jenis Wayang : Wayang Kancil, Merana di Tanah Air

0 17

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan Tamara Filding, seorang dalang Puppetjava dari Amerika. Kebetulan dua hari Tamara Filding berkunjung di Yogya, untuk mencari beberapa wayang. Ada hal yang menarik menurut saya, saat mendengar ceritanya tentang perkembangan wayang di Newyork Amerika sana. Terlebih lagi saat Tamara menceritakan bagaimana tanggapan anak-anak terhadap wayang kancil. Menurut Tamara Filding, wayang kancil sangat diminati anak-anak di sana.

Bahkan sebelumnya Tamara yang tertarik dengan wayang kulit (purwo), kini lebih sering memainkan sebagai dalang wayang kancil ke sekolah-sekolah di Amerika sana. Menurut Ki Ledjar Subroto, seorang tokoh wayang kancil, tidak saja hanya di Amerika wayang kancil telah dikembangkan untuk anak-anak. Tapi juga telah dikembangkan oleh Sarah Bilby di Inggris. Secara periodik Sarah Bilby, mengadakan workshop wayang kancil untuk anak-anak usia SD.

Sarah Bilby tidak saja sekedar memainkan wayang kancil. tapi juga mengajak anak-anak untuk belajar karawitan jawa yang ada di sana. Dari informasi Ki Ledjar Subroto yang serupa juga dikembangkan di Jerman, New Zeland, Canada, dan Belanda. Kebanyakan yang melakukan adalah orang-orang dari luar negeri yang pernah belajar langsung tentang wayang kancil kepada Ki Ledjar Subroto.

Source kompasiana.com kompasiana.com/eko.nuryono/550baf6c813311c62bb1e1b8/wayang-kancil-merana-di-tanah-kelahirannya-sendiri#
Comments
Loading...