Jenis Wayang : Wayang Kancil, Siapa Penerus Ki?

0 110

Ki Ledjar Subroto telah meninggal dunia. Pembuat sekaligus dhalang wayang kancil dari Yogyakarta ini, meninggal dunia pada Minggu 23 September 2017 siang di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Penerima Anugerah Kebudayaan Kategori Pelestari 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu, meninggal dunia pada usia 79 tahun. Ki Ledjar Subroto atau yang akrab dengan nama Mbah Ledjar, dikenal sebagai pelestari wayang kancil. Wayang kancil adalah sejenis wayang kulit, yang terdiri atas binatang-binatang buruan, binatang berkaki empat, binatang melata dan merayap, serta binatang yang terbang yang sering terlibat dalam dongeng binatang kancil.

Wayang yang wujudnya orang dalam wayang kancil hanya sedikit.  Total jumlah wayang kancil hanya sekitar 100 wayang. Pencipta wayang kancil adalah Sunan Giri. Kemudian dipopulerkan orang Tionghoa bernama Bo Liem pada 1925. Perangkat pendukung pergelaran wayang kancil berupa kelir atau geber, yaitu bentangan kain putih. Di sisi kanan dan kiri kelir ada gambar hutan. Di tengah ada bundaran tanpa gambar, untuk paseban saat wayang keluar. Musik pengiringnya gamelan.

Mbah Ledjar semasa hidupnya ingin mempopulerkan kesenian wayang kancil ke masyarakat luas. Berkat keuletan dan ketekunannya dalam melestarikan wayang kancil, ia pernah memperoleh penghargaan dari Majalah GATRA pada 1995.

Source kompasiana.com kompasiana.com/duki/59efc8ea9818274dff33b392/wayang-kancil-siapa-penerus-ki-ledjar
Comments
Loading...