Jenis Wayang : Wayang Kautaman Tampilkan Lakon

0 419

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Budaya Jatim menggelar pertunjukan Wayang Orang Kautaman dari Jakarta, mulai Sabtu (27/10/2018) dan Minggu (28/10/2018) esok. Usai membuat tiga karya spektakuler sebelumnya, karya keempat yang akan tampil hari ini di Surabaya mengangkat kisah epic Smaratapa.

Tiga tahun berturut – turut, Wayang Kautaman menggelar wayang orang dengan mengambil cerita dari seri Mahabarata

Smaratapa merupakan Ramayana versi Wayang Kautaman. Smara yang bermakna asmara dan Tapa memiliki arti pertapaan, menggabungkan sebuah pertapaan cinta yang luas. Semua tokoh yang terlibat dalam cerita Ramayana bergerak atas nama cinta.

Benang merahnya mereka sedang melakukan pertapaan jalan cinta mereka masing – masing

Kisah diawali dari kesedihan Rama yang tiada habis semenjak Sinta diculik Dasamuka dari Hutan Dandaka. Belasan tahun sesudah peristiwa itu terjadi, Anoman dipilih untuk berangkat ke Dasamuka guna memastikan keadaan Sinta sekaligus menakar kekuatan pasukan Alengka. Anoman membuat keributan di Taman Soka, tempat Sinta dikurung. Lalu membakar istana megah Dasamuka hingga tersisa seperempatnya saja. Sampai pada puncaknya, peperangan besar pecah. Pada puncak pertaruhan itu, Ramawijaya dan Dasamuka meluapkan segenap indra, terkepung dalam lingkaran pertarungan yang tak juga usai, demi cinta atau entah apa.

Source timesindonesia.co.id timesindonesia.co.id/read/187637/20181027/100917/wayang-kautaman-tampilkan-lakon-smaratapa-di-gedung-cak-durasim
Comments
Loading...