Jenis Wayang : Wayang Kontemporer Shadow Play

0 96

Kohei Kawamura adalah musisi, pelukis, dan pemain wayang kontemporer Jepang. Wayang kontemporernya dikenal sebagai shadow performance dan ia memainkan sendiri alat musiknya. Kali ini ia akan menampilkan pertunjukannya di Bentara Budaya Jakarta. Teknik pencahayaan menjadi kekuatan pertunjukannya dengan memakai tubuh utuh dirinya di belakang layar dengan background cahaya sehingga menciptakan adegan-adegan unik. Pertunjukan akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Pemain wayang kontemporer asal Jepang Kohei Kawamura akan menggelar workshop dan pementasan ‘shadow play’ dengan lakon ‘Pulau Walak Pulau Fiksi’. Bentara Budaya Jakarta akan menggelar pementasan wayang kontemporer pada Kamis (30/3) pukul 19.30 WIB, dengan lakon ‘Pulau Walak Pulau Fiksi’. Lakon tersebut akan dibawakan oleh pemain wayang asal Jepang Kohei Kawamura. Wayang kontemporer yang bakal ia tampilkan dikenal dengan sebutan shadow play.

Di mana ia memainkan alat musik seorang diri. Teknik pencahayaan menjadi kekuatan dalam pertunjukan shadow play. Yaitu dengan mengandalkan tubuhnya di belakang layar, untuk menciptakan adegan-adegan unik. Kohei berada di Indonesia selama satu tahun sejak 2016. Ia mendapat beasiswa dari pemerintah Negeri Sakura. Ia menjadi juara seni dan berhak atas beasiswa The Gotoh Memorial Foundation. Selain sebagai pemain wayang, ia juga berkarier sebagai musisi dan pelukis. Sebelum menggelar pementasan, Kohei terlebih dahulu akan mengadakan workshop mengenai teknik pencahayaan wayang kontemporer tersebut. Yaitu pukul 17.00-18.00 WIB.

Source kompas.id kompas.id/baca/siaran_langsung/wayang-kontemporer-shadow-play-kohei-kawamura
Comments
Loading...