Jenis Wayang : Wayang Kulit Berani Keluar Pakem

0 96

Ada yang tak lazim ketika menonton pagelaran wayang kulit di kelurahan Mangkujayan Ponorogo pekan kemarin. Awalnya biasa-biasa saja namun ketika menginjak Limbukan tiba tiba dalangnya berdiri dan berjoget sambil memainkan wayangnya. Dia bergoyang seperti goyangnya penyanyi dangdut, mulai goyang ngecor, ngebor, patah-patah, goyang kayang, bahkan goyang dada yang sedang ngetrend seperti goyangnya dua serigala. Penontonpun riuh, ketika pesinden didaulat untuk berdiri untuk ikut goyang. Untung panggung luas sehingga muat untuk goyang dalan dan seorang pesinden.

Bupati Ponorogo ki kurang gawean lan boros golek dalang gendeng wae ngasi teko luar propinsi, dasar bupati anyaran durung ngerti yen neng Ponorogo onok dalang sing luwih gendeng, luwih sample, luwih edan…..

Penontonpun ger geran tertawa. Kebetulan banyak undangan dari pejabat yang hadir diundangan suasana semakin ramai, dengan protes si dalang. Maklum pada pelantikan bupati sebelumnya diadakan pagelaran wayang yang dalangnya dari daerah Jawa Tengah. Para pemuda kelurahan Mangkujayan yang menjadi panitia kegiatan sedari awal takut kalau pagelaran wayang ini sepi. Hujan sedari sore dan baru reda menjelang magrib. Dalang lokal biasanya sepi, dianggap begitu-begitu saja tidak ada yang menarik, kata mas Tarom yang menjadi tetua karang taruna.

Source kompasiana.com kompasiana.com/bunnan/57132ecee022bd5d1c5c369c/wayang-kulit-berani-keluar-pakem-untuk-bertahan
Comments
Loading...