Jenis Wayang : Wayang Kulit Budaya Jawa, Indonesia

0 143

Indonesia merupakan suatu negara dengan kebudayaan yang sangat beragam. Setiap daerah dan suku di indonesia memiliki adat istiadat, kebiasaan, dan sifat khasnya masing-masing. Contohnya orang suku Jawa terkenal dengan sopan santunnya, tatakramanya dan juga kelemah-lembutannya. Hal-hal ini merupakan ciri khas mereka saat bergaul dengan suku-suku lain dan telah menjadi sifat-sifat dasar mereka yang diturunkan. Tapi tentu saja tidak seluruh orang Jawa memiliki sifat-sifat yang sama persis tersebut karena tiap orang pun memiliki cirinya tersendiri.

Orang Jawa pada umumnya memiliki beberapa filosofis hidup. Mereka memliki pandangan bahwa hidup sebagai manusia haruslah memiliki manfaat bagi manusia lain dan lingkungan alam sekitar (urip iku urup). 

Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan suku Jawa yang cukup khas. Kata wayang berasal dari kata ‘ayang-ayang yang artinya bayangan. Bagi suku Jawa, cerita pewayangan selalu menggambarkan bentuk kehidupan manusia di dunia, yakni peperangan terhadap angkara murka dan perjuangan untuk membangun kebaikan. Hal itu sesuai dengan prinsip filosofis hidup yang selalu dipegang teguh oleh orang Jawa.

Source Kompas kompasiana.com/maureenesther7821/5b9e777bc112fe7a9c6d1cd2/wayang-kulit-budaya-jawa
Comments
Loading...