Jenis Wayang : Wayang Kulit di Mata Partai Keadilan

0 37

Sekitar sepekan yang lalu beredar spanduk penolakan memutar aksi wayang di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat karena disebut tidak sesuai syariat Islam. Tak jelas siapa yang memasang, keesokan harinya spanduk itu lenyap. Tidak diketahui juga siapa yang mencopotnya. Wayang dengan lakon ‘Semar Mbangun Kahyangan’ digelar PKS di kantornya, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, dengan dalang Sri Kuncoro. Pertunjukan wayang yang dimulai dari pukul 20.40 WIB tersebut banyak dihadiri warga, kader hingga tokoh PKS.

Beberapa tokoh PKS yang hadir seperti Hidayat Nur Wahid (HNW), Sohibul Iman, Anis Matta. Disela-sela pertunjukan, menemui Hidayat untuk berbincang santai sambil menyaksikan lakon wayang. HNW juga menanggapi isu pelarangan pementasan wayang karena bertentangan dengan syariat Islam. Menurut mantan Presiden PKS ini, wayang justru pemersatu agama dan budaya.

Saya orang Jawa dan berasal dari keluarga yang suka dengan wayang. Kemudian saya juga suka nonton wayang serta mempelajari sejarah wayang. Dan dari situ saya dapat informasi bahwa wayang yang ada di Indonesia, sumbernya bukan hanya dari kitab Mahabaratha tapi juga dari kreasi para Wali Songo

Ia melanjutkan, saat menyebarkan agama Islam di Indonesia, para Wali Songo menggunakan sarana wayang. Mereka juga menghadirkan tokoh-tokoh seperti Semar, Gareng, Petruk & Bagong.

Source Kumparan kumparan.com/@kumparannews/wayang-kulit-di-mata-pks
Comments
Loading...