Jenis Wayang : Wayang Kulit Goes to Netherlands

0 56

Bunyi gamelan mengalun dengan indah dan anggun pada hari Sabtu, 11 Mei 2019, di Aula Nusantara KBRI Den Haag. Para penonton yang berjumlah lebih dari seratus orang tampak antusias menyaksikan pementasan wayang dengan lakon

Ciptaning

oleh dalang Ki Joko Susilo dari Selandia Baru, sinden Dòra Györfi dari Budapest, Hungaria dan diiringi kelompok kesenian Gamelan Widosari Amsterdam. Para pemain gamelan yang tergabung dalam kelompok ini terdiri dari orang-orang Indonesia dan Belanda yang dipimpin oleh Elsje Plantema. Acara ini diselenggarakan oleh Rumah Budaya Indonesia (RBI) Den Haag yang berada di bawah naungan KBRI Den Haag. Rumah Budaya Indonesia (RBI) Den Haag secara aktif mengadakan kegiatan-kegiatan budaya yang bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di Belanda.

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Den Haag, Bapak Din Wahid. Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Wakil Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Bapak Fikry Cassidy. Lakon “Ciptaning” ini mengisahkan tentang proses pertapaan yang dilakukan oleh Arjuna demi mendapatkan sesuatu yang bisa digunakan untuk melawan angkara murka di dunia. Arjuna yang merupakan salah seorang ksatria Pandawa ini bertapa di Gua Mintaraga di Gunung Indrakila. Arjuna sebagai pertapa ini dikenal juga dengan nama Begawan Mintaraga atau Begawan Ciptaning. Berbagai godaan dialami oleh Begawan Ciptaning.

Source Kumparan kumparan.com/kbri-den-haag/wayang-kulit-goes-to-netherlands-1r45ZQJWiV7
Comments
Loading...