Jenis Wayang : Wayang Kulit Indonesia pun Menangis

0 86

Ketika budaya mulai memudar maka di era globalisasi seperti sekarang ini, yang kita butuhkan adalah rasa cinta akan budaya negeri sendiri yang mana bisa menjadi sebuah budaya yang terjaga kelestariannya. Akibat dari pengaruh globalisasi tersebut banyak dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan. Dampak positif dari pengaruh globalisasi sudah bisa kita rasakan sendiri, yaitu teknologi yang semakin canggih, kemajuan alat transportasi dan ilmu pengetahuan lebih luas.

Tetapi dalam sisi negatifnya, karena pengaruh dari globalisasi ini, banyak budaya barat yang juga ikut masuk di negara kita. Akibat pengaruh budaya tersebut, banyak generasi muda yang lebih memilih budaya barat dari pada budaya tradisionalnya. Itu dikarenakan pola pikir mereka yang menganggap jika budaya barat itu lebih modern dan lebih populer, sehingga kesadaran mereka dalam melestarikan budaya tradisional menurun. Itu semua menyebabkan keberadaan budaya tradisional di negara kita mulai memprihatinkan.

Dahulu, budaya tradisional di negara kita tak terhitung jumlahnya karena begitu banyak ragamnya,  mulai dari tarian tradisional, bahasa tradisional, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi.  Salah satunya wayang kulit adalah budaya kesenian bangsa indonesia yang kini jarang sekali anak muda yang memperhatikannya karena mereka menganggap wayang kulit itu kuno.

Source Kompas kompasiana.com/harir78/56f20815c222bd1b1c0871d4/wayang-kulit
Comments
Loading...