Jenis Wayang : Wayang Kulit Karya dari Supama Sita

0 25

Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umun (YAKKUM) menyediakan layanan rehabilitasi bagi anak cacat dan pemuda dewasa, terutama kategori: miskin, yatim piatu, dan menderita kerugian sosial lainnya. YAKKUM mencoba memberdayakan penyandang cacat sehingga mereka dapat mandiri dan menjadi individu merdeka. Di Ngasem, Kedung Poh, Nglipar, Gunungkidul YAKKUM mengirim 2 kursi roda untuk Hardiyo, dan Sukarni. Di samping itu, YAKKUM Kamis 5/12/2013 juga melakukan fisioteraphy.

Hari itu sempat ditangani tujuh (7) orang disabled masing-masing: Supama, Ngatiyo, Takimo, Yasmito, Paiman, Sukardiyono dan Surip. YAKKUM memberikan rehabilitasi fisik untuk meningkatkan fungsi fisik penyandang cacat dan mobilitas, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas secsra seoptimal. YAKKUM juga memberikan keterampilan rehabilitasi melalui pendidikan dan pelatihan kejuruan sehingga produktivitas penyandang cacat dapat ditingkatkan.

Kelompok Mitra Sejahtera yang dipimpin Hardiyo, dikunjungi YAKKUM karena kelompok ini dipandang memiliki prestaasi yang membanggakan. Ketrampilan mereka, menurut Wawan, petugas YAKKUM, bisa dibagi menjadi dua kategori, pertama bidang makanan olahan dan bidang kerjajinan meubelair, wayang kulit maupun kaligrafi.

Source Kompas kompasiana.com/bambanwahyuwidayadi/552e18026ea834a4388b45ce/wayang-kulit-karya-supama-sita-perhatian-presiden-ford-foundation
Comments
Loading...