Jenis Wayang : Wayang Kulit Madura, 30 Tahun Lalu

0 155

Sekitar 30 tahun silam, belum ada televisi di kampung-kampung. Pentas wayang kulit sebagai hiburan rakyat semua kawula. Penjaga Vihara Avalokitesvara Kosala Mahinda menuturkan, pentas wayang kulit sekarang hanya dilakukan tiga bulan sekali. Yang menontonpun sangat sedikit. Bahkan hanya golongan tua. Yang muda-muda sudah tidak peduli dengan kebudayaan warisan leluhurnya.

Paling hanya puluhan yang menonton. Itu pun semua yang sudah tua-tua

ujar Kosala Mahinda saat ditemui, Jumat (2/3/2018). Ciri khas wayang Madura Menurut Kosala, kesenian wayang kulit Madura hanya disenangi dan dikagumi orang luar Madura. Bahkan turis mancanegara berdecak kagum. Sebab, wayang Madura memiliki ciri khas dan karakter sendiri. Wayang kulit Madura tidak sama dengan wayang Jawa. Wayang kulit Madura menggambarkan karakter orang Madura.

Wayang kulit Madura itu representasi dari sifat dan karakter orang Madura. Keras, kuat dan pemberani

imbuh Kosala. Kosala membeberkan, perbedaan wayang kulit Madura dengan wayang daerah lainnya, seperti di Jawa. Biasanya dalam hal pewarnaan. Wayang kulit Madura berkarakter warna merah pada wajah setiap tokoh wayang. Di daerah lainnya, rata-rata wajah wayang berwarna hitam.

Kalau wayang Madura, pada bagian wajahnya semuanya merah. Namun ada warna yang kombinasi hitam, disesuaikan dengan tokoh wayang itu sendiri

kata pria penjaga empat tempat ibadah berbeda ini.

Source regional.kompas.com regional.kompas.com/read/2018/03/04/14151141/wayang-kulit-madura-hidup-segan-mati-tak-mau-2
Comments
Loading...