Jenis Wayang : Wayang Kulit Madura, Milik Kosala

0 146

Ratusan wayang milik Kosala, ketika ada festival wayang nusantara, selalu memikat hati. Termasuk dalang kondang, Ki Entus dan dalang-dalang lainnya. Banyak orang yang ingin mengoleksi wayang kulit khas Madura. Namun Kosala enggan untuk menjualnya. Dia memegang prinsip bahwa warisan budaya dan hasil karya para leluhur tidak boleh dijual kepada siapa pun. Apalagi kepada orang asing.

Saya pernah melihat replika wayang di museum wayang di Jakarta. Setelah dilihat, wujud asli wayang tersebut ada di Leiden, Belanda

tuturnya. Sebagian keunikan wayang kulit Madura antara lain karena cerita yang disajikan menggunakan bahasa Madura. Selain itu, nama-nama tokoh wayang, disesuaikan dengan nama yang mudah dikenali orang Madura. Seperti tokoh Dasamoko berubah menjadi Dasamuka, Bolodewo menjadi Baladiba, Kresno menjadi Kresna.

Kalau pakem pewayangan semuanya sama. Ceritanya juga tentang Ramayana dan Mahabarata. Cuma di Madura diterjemahkan menjadi bahasa Madura

ungkapnya. Wayang Madura sendiri belum diketahui kapan tumbuh dan berkembang bahkan sekarang sudah kurang diminati. Yang diketahui Kosala, hanya warisan dari leluhurnya yang sudah lima turunan yang diprediksi sudah 300 tahun lebih. Pada tahun 70-an, masih banyak orang di Madura yang mengoleksi wayang di rumahnya. Namun setelah turun temurun, sudah tidak ada lagi. Anak keturunan pemilik wayang sudah tidak mengerti tentang wayang sehingga ada yang dijual dan rusak.

Source regional.kompas.com regional.kompas.com/read/2018/03/04/14151141/wayang-kulit-madura-hidup-segan-mati-tak-mau-2
Comments
Loading...