Jenis Wayang : Wayang Kulit Meriahkan Merti Dusun

0 158

Matahari belum tinggi, namun beberapa laki-laki sudah sibuk mengangkut sesuatu dari mobil pick up yang terpakir di pinggir jalan. Persis di depan rumah kepala dusun, kerangka sebuah panggung sudah mulai terlihat. Ya, ada yang mulai berbeda di hari kamis (28/1) lalu di salah satu dusun di Desa Banyukuning, tepatnya dusun yang bernama Kaliwinong. Pada hari Sabtu (30/1)  pertunjukan wayang kulit semalam suntuk akan digelar untuk memeriahkan ulang tahun dusun.

Menurut informasi dari Kepala Dusun Kaliwinong, ada beberapa rangkaian acara dalam upacara selametan dusun. Diantaranya adalah ziarah kubur di malam sabtu, upacara pembukaan di sabtu pagi, pertunjukan wayang kulit di siang hari dengan lakon

Semar Mbangun Padukuhan

dan acara puncak pertunjukan wayang kulit di sabtu malam dengan lakon “Durna”. Pertunjukan wayang ini  akan dibawakan oleh Ki Harsono, Pedalang dari Ambarawa beserta pengrawit dan alat gamelan yang lengkap. Di sela-sela pertunjukan juga akan ada penampilan campur sari untuk menghibur warga. Sabtu malam, keramaian mulai terlihat di sekitar rumah kepala dusun. Pasar “dadakan” pun turut memeriahkan di sepanjang jalan menuju tempat pementasan.

Tak hanya warga dusun Kaliwinong saja yang datang, melainkan juga dari dusun lainnya. Termasuk Tim I KKN (Kuliah Kerja Nyata) Undip 2016 yang sedang melaksanakan kegiatan di desa Banyukuning selama tiga puluh lima hari.

Source Kompas kompasiana.com/listhiahr/56ae2db8349373fe08566a29/wayang-kulit-meriahkan-merti-dusun-kaliwinong
Comments
Loading...