Jenis Wayang : Wayang Kulit Purwa Bisma Korban

0 57

Berkorban demi kecintaannya terhadap Sang Ayah. Alkisah dalam cerita wayang kulit purwa yang sarat dengan ajaran filsafat dimana Kejahatan pasti akan dikalahkan oleh Kebajikan atas berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, pada salah satu episod dari cerita Mahabharata, adalah seorang Satyawati gadis yang meskipun hanya anak seorang nelayan ia memiliki kecantikan, daya tarik, pesona dan keluwesan yang luar biasa. Ayahnya yang hanya orang kebanyakan, seorang nelayan, memiliki kebulatan hati agar ia dapat menikahkan putrinya itu dengan seorang suami yang memiliki kwalitas super, ia selalu berdoa mohon kepada Tuhan YME, agar kelak anaknya Satyawati bisa melahirkan seorang anak laki-laki yang yang bijaksana dan dikemudian hari cucunya itu dapat menjadi seorang Raja dinegerinya.

Raja Santanu, seorang duda dari dinasti Bharata, ayah dari putera mahkota Bisma atau Dewabrata jatuh cinta kepada Satyawati, ia ingin menjadikan Satyawati sebagai istrinya. Tetapi tidak semudah membalikkan telapak tangan, Satyawati bersedia menjadi istrinya dengan persyaratan yang berat. Kepada Santanu, Satyawati  bersedia menjadi istrinya, yaitu apabila anak laki-laki yang dilahirkan dari rahimnya kelak bisa menjadi Raja menggantikan Santanu. Raja Santanu menjadi linglung, sebab ia sangat yakin bahwa putranya Bisma adalah satu-satunya anak yang bisa menggantikan kedudukannya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/hrayana/54ff51a1a333111f4b50fdae/wayang-kulit-purwa-1-bisma-berkorban-demi-kecintaannya-terhadap-sang-ayah
Comments
Loading...