Jenis Wayang : Wayang Kulit Purwa Dalang, Seniman

0 49

Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Di Jawa, pertunjukan Wayang Kulit Purwa biasanya dilakukan semalam suntuk atau selama 8 jam non-stop mulai dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi, diselenggarakan pada hajatan-hajatan besar seperti misalnya pesta perkawinan, perayaan hari kemerdekaan, atau pesta-pesta besar lainnya. pertunjukan dipimpin oleh seorang Dalang yang menceritakan kisah-kisah Ramayana atau Mahabarata yang berasal dari India, tetapi yang sudah diadaptasi sedemikian rupa oleh para pujangga pewayangan di Jawa dari generasi ke generasi ratusan tahun yang lalu.

Gubahan itu bukan hanya dilakukan pada nama-nama tokoh yang disesuaikan kondisi geografis di Indonesia, namun juga perubahan yang sangat mendasar termasuk perubahan jalan ceritanya sendiri. Mahabharata bersumber dari karangan Viyasa, sedangkan Epos Ramayana karangan Valmiki. Dalang memainkan wayang yang terbuat dari kulit kerbau atau kulit kambing yang dipahat dan di cat warna-warni sangat indah, diberi tangan yang bisa digerakkan dan diputar-putar.

Wayang kulit diberi tiang penguat yang terbuat dari tanduk kerbau dan agar bisa ditancapkan pada batang pisang untuk mengatur posisi wayang. Tangan wayang diberi tangkai yang juga terbuat dari tanduk kerbau agar bisa digerakkan dan diputar-putar oleh Sang Dalang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/hrayana/54ff5b3ca333111245510427/wayang-kulit-purwa-3-dalang-seniman-serba-bisa-yang-tidak-ada-tandingannya#
Comments
Loading...