Jenis Wayang : Wayang Kulit Purwa, Karna Baru Tahu

0 20
Adipati Karna

Karna, Yudhis, Bima dan Arjuna adalah sama-sama anak kandung Dewi Kunti. Suatu ketika di alun-alun depan Istana Hastinapura diselenggarakan pertandingan memanah untuk para Ksatria, dengan disaksikan oleh ribuan penonton. Penonton bertepuk-tangan riuh rendah setiap kali panah Arjuna mengenai sasarannya, Arjuna menjadi bintang lapangan saat itu…! Di lain pihak Korawa, terutama Duryudana sangat iri akan hal tersebut. Tanpa diduga, tiba-tiba seorang pemuda masuk kedalam arena pertandingan, memperagakan kemampuannya, menantang Arjuna untuk bertanding duel memanah.

Ia berkata bahwa ia bisa melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Arjuna, bahkan ia akan bisa melakukannya dengan lebih baik. Korawa sangat senang menyaksikan kejadian itu, mereka berharap Arjuna bisa dikalahkan oleh pemuda tak dikenal tersebut. Arjuna pun juga tidak takut dan ia setuju bertanding dengan pemuda tersebut. Tetapi hal itu tidak terlaksana karena tiba-tiba Kripa, guru mereka menghentikan rencana pertandingan duel tersebut. Kripa mengatakan bahwa Arjuna adalah Ksatria dari dinasti besar Bharata, ia tidak boleh melakukan pertandingan dengan seseorang yang tidak dikenal, hal itu adalah etika seorang Ksatria dan harus dihormati dan dipatuhi.

Duryudana mengajukan protes karena ia telah merencanakan untuk mengangkat derajat pemuda tak dikenal yang gagah berani dan tampan tersebut menjadi seorang bangsawan dan akan menugaskan sebagai Adipati Awangga Mendengar pengakuan Duryudana.

Source Kompas kompasiana.com/hrayana/54ff6509a33311505050fb40/wayang-kulit-purwa-5-karna-baru-mengetahui-bahwa-ia-anak-dewi-kunti-dengan-batara-surya-menjelang-bharatayuda#
Comments
Loading...