Jenis Wayang : Wayang Kulit Revolusi, Karya Mas Sayid

0 198

Wayang kulit revolusi karya Mas Sayid, dalang Kraton Mankunegaran, Solo, akhirnya dikembalikan ke Indonesia. Namun, statusnya hanya dipinjamkan dalam tempo jangka panjang.

Mereka (Belanda) sewaktu-waktu bisa mengambil kembali jika kami tidak mampu menjaganya

kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, Aurora Tambunan, di Balaikota Jakarta, Ahad (14/8).Malam ini 90 wayang yang terdiri dari tokoh-tokoh revolusi itu secara simbolis diterima Gubernur Sutiyoso dari Wali Kota Rotterdam, Ivo Opstellen. Sisanya, 90 wayang replika, akan diserahkan tahun depan.

Sebagai gantinya, kami akan memberikan wayang golek berwajah Wali Kota Rotterdam

kata Aurora.Wayang ini menceritakan sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah selama 350 tahun dan menampilkan tokoh-tokoh seperti Soekarno, Hatta, RA Kartini, dan Pangeran Diponegoro. Wayang ini pada 1960 dibeli oleh Museum voor Volkunde Rotterdam. Badriah Wayang Revolusi Dipulangkan. Setelah 30 tahun berada di World Museum Rotterdam Belanda, wayang kulit revolusi akhirnya dikembalikan ke Indonesia. Hanya saja, wayang karya Mas Sayid, Dalang asal Kraton Mankunegaran Solo pada jaman revolusi fisik kemerdekaan Indonesia itu statusnya hanya dipinjamkan dalam bentuk pinjaman jangka panjang (long term loan).

Koleksi museum seharusnya tidak boleh keluar. Jadi hanya dipinjamkan. Bukan karena tidak percaya pada Indonesia untuk menjaga

urai Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, Aurora Tambunan di Balaikota Ahad (14/8). Belanda, tambah Aurora, masih terus mengawasi Indonesia dalam menjaga budaya.

Source tempo.co metro.tempo.co/read/65292/wayang-revolusi-dipulangkan-dari-belanda
Comments
Loading...