Jenis Wayang : Wayang Kulit Revolusi, Pemerintah

0 316
Pakem yang khusus. Pada umumnya pergelaran wayang ini mengambil cerita dari berbagai sumber sejarah nasional Indonesia dan disesuaikan dengan tokoh-tokoh wayang yang ada. Pada tahun 1995, bertepatan dengan peringatan 50 tahun Republik Indonesia merdeka, Pemerintah kota Rotterdam menghadiahkan 8 buah panel yang berisi foto-foto adegan dalam Wayang Kulit Revolusi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada bulan Agustus 2005, Wereldmuseum Rotterdam menyerahkan sebagian koleksi Wayang Kulit Revolusi tersebut kepada Museum Wayang untuk dipinjamkan secara jangka panjang.
Penyerahan koleksi wayang ini sesuai dengan kebijakan kementrian pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan yang sejak tahun 1988 mendorong museum-museum di Indonesia untuk meningkatkan hasil-hasil koleksi mereka. Pada waktu yang sama, Museum Wayang membuat duplikat dari seluruh perangkat Wayang Kulit Revolusi Pemda DKI Jakarta yang diwakili oleh Wagub Provinsi DKI Jakarta. Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Museum Wayang pada tanggal 21 April 2005 secara simbolis menerima penyerahan.
Wayang Kulit Revolusi asli dari Walikota Rotterdam kepada Pemda DKI Jakarta di Belanda. Acara ceremonial Penyerahan Hibah Wayang Revolusi dari Wereldmuseum Rotterdam melalui Walikota Rotterdam Mr. Ivo Opstelten kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bpk. Sutiyoso untuk Museum Wayang 24 September 2005, sekaligus dilaksanakan Pameran Wayang Revolusi yang dilanjutkan dengan Pagelaran wayang tsb dengan Lakon “ Jogya Kembali “ dengan dalang Ki Bambang Suwarno, S.Kar.M Hum.
Source irzaarveda.blogspot.co.id irzaarveda.blogspot.co.id/2015/05/wayang-revolusi-kesenian-tradisional.html
Comments
Loading...