Jenis Wayang : Wayang Kulit yang Mulai Ditinggal!

0 69

Pagelaran wayang mulai ditinggalkan, khususnya generasi muda. Ada apa dengan wayang? Mengapa anak-anak muda tidak menyenangi wayang? adakah yang salah dengan wayang? Wayang bermacam-macam ragamnya, ada wayang orang, wayang kulit di daerah Jawa Tengah. Ada wayang golek di Daerah Jawa Barat. Wayang kulit yang diakui Dunia itu, tidak menarik bagi anak-anak muda jaman sekarang. Entah apa yang menyebabkan mereka tidak tertarik, padahal disaat dalang sedang mengadakan pagelaran banyak falsafah yang bermanfaat yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat petuah-petuah kehidupan yang bermanfaat, disamping memberikan hiburan untuk melepas lelah (ketika tokoh-tokoh punokawan sedang bercanda saat adegan gara-gara) menjalani kehidupan sehari-hari. Kemudian petuah-petuah bagi para pemimpin yang digambarkan oleh tokoh-tokoh raja yang menginginkan kemakmuran bagi rakyatnya, memerangi kebathilan di negara kekuasaanya sangat jelas digambarkan oleh para Dalang. Semua bentuk kebaikan dan kebhatilan yang ditokohkan oleh paraga wayang sangatlah memberikan gambaran kejelasan hidup yang kita jalani saat ini.

Tetapi mengapa generasi muda masih menjatuhkan pilihanya kepada kesenian-kesenian yang sifatnya hingar-bingar seperti dangdut ysng kadang dan bahkan sering penampilan penyanyinya seronok, menggugah sahwat. Adakah yang salah dengan wayang? Ataukah generasi muda yang salah? Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, dan menyadari kayanya negara kita akan kekayaan kesenian mengapa kita tidak memulai.

Source Kompas kompasiana.com/retszonora/550002faa33311fc6f50f896/wayang-kulit-yang-mulai-ditinggalkan
Comments
Loading...