Jenis Wayang : Wayang Mbeling, Rajasa Joyokotwing

0 122

Pada zaman dahulu tersebutlah seorang pemuda bangsawan ahli politik dan strategi perang bernama Raden Wijaya. Begitulah penggalan cerita sejarah ini berawal. Raden Wijaya adalah menantu Kertanegara Raja Singasari. Saat Singasari dikalahkan Jayakatwang Bupati Gelang-Gelang, dengan strategi politiknya Raden Wijaya berhasil mendapat suaka dari Jayakatwang dan justru mendapatkan HPH atas hutan Tarik. Di Hutan Tarik itulah Raden Wijaya membangun pemukiman dan basis militer bersama para pengikutnya.

Meski mendapat suaka, dalam hati Wijaya tetap tersimpan asa untuk membalas dendam pada Jayakatwang. Sayangnya, balatentara Jayakatwang jauh lebih kuat daripada tentara Raden Wijaya. Maka asa itu tetaplah sekadar asa. Menyerang musuh yang jauh lebih kuat tanpa strategi jitu merupakan tindakan bodoh. Raden Wijaya tahu benar hal itu. Ia tetap sabar menunggu waktu yang tepat. Tentu saja sambil berusaha dan berdoa pada Tuhannya. Raden Wijaya memang menang melawan Jayakatwang, tapi melawan Joyokotwing?

NO WAY! Belum ada sejarahnya Joyokotwing kalah. Joyokotwing itu Jayakatwang yang sudah menjadi super saiyan. Kalau menurut versi sejarah Majapahit, yang nyata justru Sri RAJASA. Prabukusumonya tak ada. Makanya bisa mendadak raib moksa kapan saja dalam cerita karena sikap kenegarawanannya. Ah, namanya saja wayang mbeling

Source Kompas kompasiana.com/giens/54f69a3ba33311f0018b5175/wayang-mbeling-rajasa-muda-vs-joyokotwing
Comments
Loading...