Jenis Wayang : Wayang Negara Kesatuan Indonesia

0 166

Wayang NKRI merupakan kombinasi dari 11 wayang berbagai daerah seperti wayang Jamblung, wayang Beber, wayang Surakarta, wayang Cirebon, wayang Bali, dan wayang Yogyakarta. Selain itu ada juga unsur wayang golek Jawa Barat, wayang orang, wayang Palembang, wayang Jawa Timur, dan Punakawan Session dalam Wayang NKRI tersebut. Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya menyampaikan, lakon yang dimainkan dalam pagelaran Wayang NKRI yaitu “Parikesit Jumeneng Nata”.

Lakon ini bercerita tentang peperangan antara kebaikan diwakili oleh Parikesit melawan kejahatan yang diwakili oleh Astina. Gatot mengatakan, setiap peperangan pasti menyisakan penderitaan dan kehancuran. Untuk memulihkan itu semua, dibutuhkan pengorbanan, waktu yang panjang dan biaya yang tidak sedikit.

Semoga pertunjukan wayang malam ini dapat menjadi pelajaran penting tentang membangun kesatuan dan persatuan bangsa

kata Gatot. Dipilihnya pagelaran wayang sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT TNI ke-72 lantaran, menurut Gatot, pertunjukan wayang ini sangat strategis.

Bisa sebagai hiburan dan media komunikasi paling efektif dalam menyebarkan pesan, moral, agama, nasionalisme, dan patriotisme, terutama dalam melawan penjajah

ujar Gatot.

Source nasional.kompas.com nasional.kompas.com/read/2017/09/29/21225241/panglima-tni-nonton-wayang-nkri-dengan-lakon-parikesit-jumeneng-nata
Comments
Loading...