Jenis Wayang : Wayang Orang atau Wayang Wong

0 162

Wayang Orang atau Wayang Wong adalah wayang yang diperagakan oleh manusia dengan memakai kostum atau pakaian sesuai tokoh wayang yang diperankan. Wayang Wong tidak dimainkan oleh dalang, karena setiap tokoh dalam wayang orang bisa bergerak dan berdialog sendiri. Disini, dalang berperan sebagai sutradara yang mengarahkan para pemain. Cerita yang dikisahkan yaitu Mahabharata dan Ramayana. Dalam beberapa buku mengenai budaya wayang, wayang orang diciptakan oleh kanjeng pangeran Adipati Arya Mangkunegara I (1757-1789).

Pada waktu itu para pemain wayang orang adalah para abdi dalem istana, dan dipentaskan secara terbatas. Pada masa pemerintahan Mangkunegara VII (1916-1944), wayang orang mulai dikenal pada masyarakat. Usaha memasyarakatkan kesenian wayang orang makin pesat saat Sunan Paku Buwana X (1893-1939). Beliau memprakarsai pertunjukkan Wayang Orang bagi masyarakat umum di Balekambang Taman Sri Wedari, dan di Pasar Malam.

Para pemainnya sudah tidak abdi dalem saja, tetapi juga orang-orang di luar kraton yang berbakat menari. Wayang Wong mulai diselenggarakan secara komersil pada tahun 1922, pada saat itu tujuannya hanya untuk mengumpulkan dana bagi kongres kebudayaan. Pada tahun 1932, Wayang orang pertama kali masuk dalam siaran Radio, yaitu Solosche Radio Vereeniging. Wayang Wong kemudian juga menyebar ke Yogyakarta, pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana VII (1877-1921). Keraton Yogyakarta menggelar pementasan Wayang Orang pada saat untuk kerabat keraton.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/wayang-orang
Comments
Loading...