Jenis Wayang : Wayang Orang Eksis Lagi di Dunia

0 148

Ajang kelompok wayang orang untuk eksis lagi di dunia pertunjukan. Apalagi, dari ratusan kelompok wayang orang yang pernah muncul, sekarang hanya kurang dari lima paguyuban yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Wayang orang adalah budaya adiluhung

katanya. Seni pertunjukan ini tidak kalah jika disandingkan dengan pertunjukan internasional sekelas opera dari Italia, kabuki dari Jepang, dan Siam Niramit dari Thailand. Bahkan, kompleksitas wayang orang dinilai lebih sulit karena memadukan unsur tembang, dialog, alur cerita, musik, karakter, kostum, dan sejarah. Dari tiga paguyuban yang terlibat dalam rangkaian pertunjukan Kresna Duta di Jerman nanti, baru Bharata yang pernah mengecap kesempatan pentas di luar negeri.

Bharata pernah tampil di Turki, Jepang, Perancis, dan Australia. Belanda merupakan pentas internasional terakhir Bharata pada 1998 yang ditutup dengan tepuk tangan meriah dari penonton sambil berdiri. Sejak itu, kesempatan untuk tampil di kancah internasional meredup. Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, pemerintah terus melakukan diplomasi budaya kontemporer dan klasik Indonesia ke tataran global.

Setelah pertunjukan Kresna Duto, kami sedang menjajaki kesempatan agar pertunjukan bisa menjadi tur dari Jerman ke Austria

kata Hilmar. Prasti menambahkan, diplomasi budaya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia. Diaspora Indonesia juga patut mengemban tugas mulia tersebut. 

Source Kompas kompas.id/baca/internasional/2018/11/22/misi-mustahil-kresna
Comments
Loading...