Jenis Wayang : Wayang Orang, Pertunjukan Drama

0 81

Wayang orang merupakan sebuah pertunjukan berbentuk drama tari yang tokoh-tokohnya diperankan oleh manusia dengan mengambil cerita dan lakon dari Epos Mahabarata dan Ramayana. Kata wayang berasal dari bahasa Jawa berarti

bayangan

sedangkan orang adalah yang memerankan tokoh dalam pertunjukan wayang tersebut. Pertunjukan wayang orang ini semakin hidup dengan adanya manusia yang bisa bergerak serta berdialog sendiri karena semua tokoh wayang diperankan oleh manusia. Wayang Orang lebih tepat disebut drama, sandiwara, atau teater tradisional Jawa yang bercirikan adanya pembawa acara atau dalang, tema cerita atau lakon, pemain, musik, dialog berbahasa Jawa, gerak tari, serta penonton.

Bila ditinjau dari perjalanan pertunjukan wayang orang mulai lahir, tersebar, dan berkembang hingga sampai di Surabaya menunjukkan bahwa kehidupan pertunjukannya mengalami perjalanan yang cukup panjang. Wayang orang ada dan berkembang pesat di wilayah Jawa Timur khususnya di Surabaya sekitar tahun 1950-an. Perkumpulan wayang orang Surabaya yang pertama kali adalah Wayang Orang Langen Sedyo Rahayu yang merupakan hiburan sangat elit terletak di Kapasari.

Selanjutnya ada juga wayang tobong yang bernama Sri Katon. Wayang tobong Sri Katon merupakan wayang orang yang pentas dengan menggunakan bangunan darurat terbuat dari bambu bertempat di Pandegiling. Karena wayang orang ini sangat diminati oleh masyarakat akhirnya oleh Kolonel Marinir Sumarsono dikelola & diberi tempat.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...