Jenis Wayang : Wayang Orang Semedi Cinta Ramayana

0 135

Benarlah bahwa saga Ramayana bukan melulu tentang asmara Sri Rama dan Dewi Sita. Namun, epos karya Begawan Walmiki ini memang bercerita tentang perjalanan cinta seluruh tokoh. Bahkan, perang besar dalam wiracarita dari India itu boleh jadi wujud kama antarpihak berbeda kubu.Gelap di panggung Gedung Kesenian Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya, Sabtu (27/10/2018) malam. Di bawah sorot lampu tunggal, dua penari memerankan Rama dan Sita yang sedang memadu kasih.

Mereka larut dalam samudra asmara yang bahagia. Namun, alam menunjukkan keseimbangan. Dalam kebahagiaan cinta, Rama lengah sehingga Sita diculik oleh Rahwana bersosok sepuluh wajah alias Dasamuka. Peristiwa itu terjadi di Hutan Dandaka. Raja Alengka meninggalkan siksa batin hidup Rama yang tak kunjung reda tetapi membangkitkan dendam pembalasan. Panggung sekejap gulita. Namun, kemudian benderang dengan tembakan sinar bertuliskan smaratapa.

Inilah cukilan Ramayana karya tim produksi Wayang Kautaman. Latar panggung pun kembali berubah dengan sinaran gambaran hutan. Dua kera, merah dan putih, bermain dengan saling usil. Kita tahu si kera putih adalah Anoman (Hanuman) yang sakti mandraguna. Anoman kemudian dipilih oleh Rama untuk memastikan keberadaan Sita sekaligus menakar kekuatan kubu Rahwana (Alengka).

Source Kompas kompas.id/baca/nusantara/2018/10/29/semedi-cinta-ramayana
Comments
Loading...