Jenis Wayang : Wayang Orang Sriwedari Kemana?

0 45

Kecintaan orang Solo terhadap budayanya kian hari kian tumbuh, demikian pula terhadap salah satu peninggalan nonbendawi, wayang orang. Bukti nyata adalah membludaknya sajian pertunjukan WOSBI (Wayang Orang Seribu Bintang) yang berlangsung beberapa hari di gedung RRI (Radio Republik Indonesia) Solo. Namun anehnya tidak banyak berubah jumlah penonton yang melihat wayang di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari yang menggelar pertunjukan wayang setiap malam kecuali hari Minggu.

Gedung yang terletak di kompleks Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari tetap saja tidak terlalu banyak pengunjungnya, kecuali malam minggu. Dari kapasitas tempat duduk ada kurang dari lima prosen tempat duduk yang terisi penonton, bahkan kadang bisa dihitung dengan jari. Kenapa bisa begitu? Padahal tontonan lain yang tidak malam minggupun bisa banyak pengunjungnya. Kalau dikatakan karena penonton tidak punya uang, mungkin kurang pas.

Sebab harga tiket untuk live show itu cuma 3000 rupiah, tidak lebih mahal dari semangkuk bakso. Tentu ada penyebabnya. Di era informasi serba instan ini jika tidak mengikuti akan ketinggalan zaman. Manajemen di Wayang Orang Sriwedari (WOS) tampaknya luput melihat ini. Padahal untuk melakukannya hanya diperlukan niat.

Source kompasiana.com kompasiana.com/nuriaryati/54f3c593745513802b6c7f9c/wayang-orang-sriwedari-mau-dibawa-kemana
Comments
Loading...