Jenis Wayang : Wayang Potehi, Bertahan Panjang

0 38

Indonesia kaya akan beragam budaya, baik dari penduduk aseli atau pendatang. Salah satu jenis budaya yang menarik adalah wayang Potehi. Wayang khas Tionghoa ini berasal dari Cina bagian selatan yang dibawa peranatau pada masa itu. Secara etimologis, wayang Pothei berasal dari kata Pou (kain), Te (Kantong) dan Hi (wayang), tau boneka dari kain. Cara memainkan juga unik, karena sang dalang memasukan tangan dalam kantong lalu dengan jemarinya memainkan gerakan tubuh wayang.

Wayang Potehi yang sudah berumur 3000 tahun ini menurut cerita berasal dari sebuah penjara pada pemerintahan Dinasti Jin, 265-420 masehi. Di awali dari 5 terpidana mati yang menunggu eksekusi dan 4 orang merasa bersedih, tetap orang ke lima punya ide untuk bersenang-senang. Maka dengan peralatan seadanya; seperti piring, panci dan peralatan lainnya memainkan wayang. Kisah terpidana ini terdengar sampai ke telinga kaisar, kemudian diampunlah mereka.

Sejak itu, wayang Potehi semakin berkembang dan semakin pesat pada pemerintahan Dinasti SOng, 960-1279 masehi. Sejarah wayang Potehi di Indonesia sangat panjang. Diperkirakan kesenian tersebut masuk ke Nusantara pada abad 16-19 dan dibawa oleh perantauan Tionghoa. Wayang Potehi pada awalnya di gunakan sebagai fungsi sosial dan ritual, tetapi seiring perkembangan jaman maka sebagai salah satu pertunjukan hiburan. Pada awalnya wayang Potehi menggunakan dialek Hokian, karena hanya dinikmati etnis Tionghoa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/dhave/550e3fd3813311c32cbc626a/wayang-potehi-bertahan-dalam-perjalanan-panjang-dan-sejarah-yang-kelam
Comments
Loading...