Jenis Wayang : Wayang Potehi Hiburan Kawak Cina

0 157

Wayang Potehi adalah salah satu jenis wayang yang berangkat dari negara Cina. Dibawa oleh perantau asal Cina yang mendarat di Nusantara pada Zaman dahulu. Nama aslinya adalah Pouw Tee Hie yang diambil dari dialek Hokkian yang artinya boneka sarung. Tingginya sekitar 30cm dan lebarnya kurang lebih 15cm dengan kepala, tangan, dan kaki yang terbuat dari kayu, sedangkan bajuya terbuat dari kain Blacu. Sama seperti Wayang Kulit, Wayang Potehi diiringi dengan musik oleh 3 pemusik dan dimainkan oleh dalang dan asistennya.

Dalam menampilkan Wayang Potehi, dibutuhkan beberapa instrumen musik  seperti, Erl Hu (biola besar), Yana (biola kecil), Piat Ko (drum), Twalo, Dongko ( gong kecil) dan Yang Cing. Kisah yang diangkat adalah kisah tentang kepahlawanan, raja, dan kehidupan dewa. Menurut legenda, Wayang Potehi diciptakan oleh 5 narapidana yang dijatuhi hukuman mati pada masa Dinasti Tang. Mereka bermain dengan sebuah kain persegi empat yang salah satu ujungnya diikat sehingga terbentuk seperti boneka yang memiliki kepala, badan dan tangan.

Hal ini dilakukan untuk menghibur diri mereka sendiri sehingga tidak teringat dengan hukuman mati yang akan mereka jalani. Boneka tersebut digerakkan seperti sedang memainkan wayang. Perlengkapan makan dan masak merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi permainan tersebut pada saat itu.

Source Kompas kompasiana.com/michaelsean0460/5ba331a8ab12ae2a1b79e573/wayang-potehi
Comments
Loading...