Jenis Wayang : Wayang Purwa, Mahabharata Ramayana

0 120

Wayang purwa merupakan wayang kulit yang membawakan cerita yang bersumber dari kitab Mahabharata dan Ramayana. Purwa berarti awal, wayang purwa diperkirakan mempunyai umur yang paling tua di antara wayang kulit lainnya. Kemungkinan mengenai berita adanya wayang kulit purwa dapat dilihat dari adanya prasasti di abad 11 pada zaman pemerintahan Erlangga. Wayang purwa sendiri biasanya menggunakan cerita Mahabharata dan Ramayana.

Masing-masing tokoh dalam pewayangan tersebut memiliki rupa dan karakter masing-masing. Dari karakter itulah kita dapat melihat sifat baik dan buruk yang dapat digunakan sebagai pedoman hidup. Semakin berkembangnya jaman, banyak masyarakat termasuk anak-anak yang telah melupakan dan hampir tidak mengetahui bagaimana karakteristik dan rupa dari wayang purwa. Kurangnya media pembelajaran yang menarik akan membuat mereka malas untuk membaca informasi tentang wayang-wayang tersebut.

Cara yang paling efektif untuk mengenalkan tentang rupa dan karakter dari tokoh wayang purwa adalah dengan cara membuat suatu media pembelajaran yang menarik tentang wayang purwa dengan cara mengimplementasikannya kedalam suatu media pembelajaran. Sehingga dengan dibuatnya media pembelajaran tersebut, para pembaca tidak harus membacanya dari buku, tapi dengan hanya menggunakan gadget atau smartphone, mereka dapat belajar dan mengetahui informasi rupa dan karakter wayang purwa kapan saja dan dimana saja.

Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Rupa Dan Karakter Tokoh Wayang

Source eksplora.stikom-bali.ac.id eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/download/66/52
Comments
Loading...