Jenis Wayang : Wayang Republik Ki Catur Benyek

0 255

Wayang Republik dengan dalang Ki Catur “Benyek” Kuncoro bersiap melakukan pentas keliling kampung di Yogyakarta untuk mengedukasi masyarakat terhadap sejarah “Nagari Ngayogyakarta” di masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu pentas Wayang Republik ini kedua sebagai wahana untuk pengorganisiran dan konsolidasi rakyat dalam rangka perjuangan menegakkan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

kata Koordinator Gerakan Rakyat Mataram Widihasto W Putra, Jum’at. Menurut dia, tidak menutup kemungkinkan pentas juga dilakukan di daerah-daerah lain baik di DIY maupun luar DIY.

Untuk itu bagi elemen masyarakat yang menghendaki pementasan Wayang Republik di kampungnya bisa menghubungi Sekretariat Bersama Gabungan Elemen Masyarakat Pendukung Keistimewaan DIY (Sekber Gamawan) supaya bisa terjadwal baik

katanya. Ia mengatakan, “Wayang Republik” sendiri adalah wayang kulit dengan kharakter tokoh-tokoh pendiri bangsa dan pejuang revolusi kemerdekaan seperti Ir. Soekarno, Mohamad Hatta, Sri Sultan HB IX, Sri Paduka Pakualam VIII, Jendral Soedirman, Ki Hajar Dewantara, dan lain-lainnya.

Wayang Republik pertama kali dipentaskan pada 4 Januari 2011 dalam acara Kirab Budaya Pengukuhan Yogya Kota Republik di Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dihadiri ribuan masyarakat Yogyakarta termasuk Sri Sultan HB X, kerabat kraton, Walikota Yogyakarta dan semua Bupati se DIY

katanyA. Widihasto mengatakan, dalam pementasan keliling nanti, “Wayang Republik” akan tampil dengan wayang kulit 100 persen baru karya pengrajin.

Source Antara antaranews.com/berita/248645/wayang-republik-pentaskan-sejarah-yogyakarta
Comments
Loading...