Jenis Wayang : Wayang Revolusi atau Wayang Perjuangan

0 279

‘Ma Hyang’ yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atauTuhan Yang Maha Esa. Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna ‘bayangan’, hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja. Untuk dapat memahami cerita wayang (lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan).

Beberapa cerita diambil dari cerita Panji. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh Unesco pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Memang wayang ditujukan atau dapat dibawakan dengan lakon sesuai zamannya. Contohnya ada juga koleksi wayang yang agak berbeda dengan jenis wayang pada umumnya. Di salah satu ruangan Museum Wayang, Jakarta terdapat koleksi yang cukup unik yakni Wayang Revolusi.

Wayang Revolusi atau Wayang Perjuangan menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Karakter-karakternya mengikutsertakan tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme Belanda dan Jepang. Wayang ini ditujukan bagi pengunjung generasi muda maupun lainnya tentang sejarah perjuangan bangsa yang terangkum dalam cerita pewayangan

Source gedoor.com gedoor.com/2013/03/wayang-revolusi
Comments
Loading...