Jenis Wayang : Wayang Revolusi, Usai Indonesia Merdeka

0 269

Wayang Revolusi memang oke. Wayang Revolusi hadir setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1945. Pada waktu itu Pulau Jawa masih terus bergejolak dan pada masa itupun perhatian masyarakat lebih menyukai kisah VOC, mengenai cerita seorang marskal bertangan besi Daendels, yang di Jawa terkenal sebagai Tuan Guntur. Kisah lain yang dinikmati masyarakat ialah tentang Perang Jawa, dan Perang Aceh. Kondisi masyarakat pada waktu itu tidak begitu kokoh, visi politiknya terombang ambing.

Sehingga membuat Raden Mas Sayid tergerak hatinya untuk membantu peranan para pemimpin Indonesia dalam pembangkitan dan memperkuat nasionalsme bangsa. Tahun 1950-an Raden Mas Sayid membuat suatu perangkat wayang khusus untuk mengangkat topik –topik tersebut dan diperkenalkan dengan Wayang Perdjoeangan yang sekarang dikenal dengan nama Wayang Revolusi. Perangkat wayang ciptaan Raden Mas Sayid yang demikian istimewa dibeli oleh Wereldmuseum, dahulu Museum Voor Vol kekunde atau Museum Ilmu Bangsa-bangsa di Rotterdam.

Perlu diketahui Wayang Revolusi tidak pernah mempunyai naskah cerita tertulis sehingga pergelaran wayang tersebut tidak memiliki pakem yang khusus. Pada umumnya pergelaran Wayang Revolusi ini mengambil cerita dari berbagai sumber sejarah nasional Indonesia dan disesuaikan dengan tokoh-tokoh wayang yang ada. Tema Pekan Museum Wayang ke XII ialah : Dengan Semangat Revolusi Kita Tingkatkan Kecintaan Terhadap Wayang. Tema yang masih relevan serta aktual. Memang salut!

Source channelsatu.com channelsatu.com/apa-itu-wayang-revolusi
Comments
Loading...