Jenis Wayang : Wayang Suket, Belum Terkenal seperti Wayang

0 20

Nama wayang suket mungkin belum terkenal seperti wayang kulit, wayang orang, maupun wayang golek, namun fenomenanya luar biasa, seolah mengalahkan wayang-wayang ’pakem’ yang terlebih dahulu ‘lahir’. Wayang suket merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa : suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.

Untuk membuatnya, beberapa helai daun rerumputan dijalin lalu dirangkai (dengan melipat) membentuk figur serupa wayang kulit. Karena bahannya, wayang suket biasanya tidak bertahan lama. Slamet Gundono, adalah ayah sekaligus ibu yang melahirkan ide wayang suket. Pria bertubuh tambun dengan bobot sekitar 350 kg, kelahiran Slawi, Tegal 19 Juni 1966 ini menemukan ide pementasan wayang suket sejak tahun 1997 lalu. Slamet Gundono memang belum setenar Ki Manteb Sudarsono, Ki Anom Suroto, maupun Asep Sunarya, namun karya-karyanya sangat akrab di telinga para pecinta seni khususnya seni tradisional.

Kedua orang tuanya petani tulen, tidak ada darah seni yang mengalir sama sekali. Nama asli pemberian orang tuanya hanya Gundono. “Slamet” merupakan pemberian guru SD-nya yang diterakan di ijazah. Kesenangannya pada pedalangan.

Source Scribd scribd.com/doc/31836232/Wayang-Suket
Comments
Loading...