Jenis Wayang : Wayang Suket, Proses Pembuatan

0 210

Lentik jari Syamsul Subakri masih bekerja. Mengurut satu per satu rumput kering yang ada di tangannya, melipatnya, untuk kemudian dijadikan wayang. Lelaki asal Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang biasa disapa Kardjo (Konservasi Asli Rakyat Diluar Jaringan Organisasi) itu dikenal sebagai pengrajin atau pelestari wayang suket atau wayang berbahan rumput. Sudah ada ribuan siswa yang diajarinya untuk bisa menganyam rumput jadi wayang. Biasanya, rumput yang digunakan adalah rumput mendong, jenis rumput yang banyak tumbuh di pinggir sungai dan sering dipakai untuk bahan dasar tikar.

Saya beri nama Puspa Salira, badan kecil yang terbuat dari bunga

ujarnya di sela-sela mengikuti pameran di Gedung DPRD Kota Malang, Senin (3/4/2017). Dia menjelaskan, proses pembuatan wayang suket mengandung banyak nilai filosofis. Itulah mengapa ia kerap membuat wayang sambil menceritakannya. Atau ia mengadakan pertunjukan membuat wayang suket dengan penjelasannya.

Pertama jumlahnya (rumput yang dijadikan bahan dasar) tiga. Ini sebagai simbol dari ati (hati), lathi (ucapan) dan pakarti (perilaku)

katanya.

Source regional.kompas.com regional.kompas.com/read/2017/04/04/06520031/mengenal.wayang.suket.dari.proses.pembuatannya
Comments
Loading...