Jenis Wayang : Wayang Suluh, Sudah Tak Terdengar Lagi

0 186

Nama wayang suluh saat ini sudah tidak terdengar lagi dan tidak banyak orang yang mengetahui tentang wayang ini. Wayang suluh telah berperan untuk menyebarkan semangat kebangsaan dan media perjuangan melawan penjajah Belanda. Kemunculan wayang ini bermula dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sejarah wayang suluh bermula dari R.M Sutarto Harjowahono asal Surakarta pada tahun 1920, membuat wayang untuk cerita-cerita biasa yang bersifat realistis.

Pada awalnya wayang ini belum digunakan sebagai media perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bentuk wayang suluh seperti manusia yang digambar miring dan diberi pegangannya seperti wayang kulit. Karena pementasannya berdasarkan cerita-cerita zaman sekarang, maka wayang tersebut dapat dikatakan semacam wayang sandiwara, yang kemudian menjadi wayang perjuangan. Bentuk tokoh-tokohnya baik dari segi potongan maupun pakaiannya mirip dengan orang dalam kehidupan sehari-hari.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, orang-orang yang termasuk dalam Generasi Baru Angkatan Muda RI dan tergabung dalam Badan Konggres Pemuda RI di Madiun tahun 1947 telah berusaha menciptakan wayang suluh sebagai sumbangan kepada perjuangan pada waktu itu. Wayang Suluh yang diciptakan Badan Kongres Pemuda tersebut telah melepaskan diri dari tradisi wayang-wayang sebelumnya dan cukup representatif untuk memberi penerangan tentang dasar dan tujuan perjuangan Indonesia. Disebut wayang suluh karena fungsi pokok wayang ini lebih ditekankan bagi kepentingan penerangan (sesuluh). Pagelaran wayang suluh dalam rangka perjuangan.

Source mobgenic.com mobgenic.com/wayang-suluh-wayang-perjuangan-kemerdekaan-indonesia
Comments
Loading...