Jenis Wayang : Wayang Tavip, Wayang Berwarna Inovasi

0 158

Wayang Tavip adalah wayang berwarna, merupakan karya inovasi yang dilatarbelakangi oleh idiom-idiom seni wayang tradisi. Kata Wayang Tavip ini atas prakarsa Nano Riantiarno selaku dosen pembimbing Tugas Akhir Program Penciptaan Seni Pasca Sarjana S2 ISI Surakarta, dan disahkan oleh  Prof. Dr. Sri Hastanto, S.Kar., Prof. Dr. Pande Made Sukerta, S.Kar., M.Si, pada saat sidang karya (24 Mei 2010). Awalnya karya ini diberi nama Gambar Motekar, merupakan hasil eksplorasi Herry Dim dan M. Tavip (1993).

Pertunjukan perdana di gedung kesenian Rumentang Siang Kosambi Bandung dan Padepokan Seni,  lakon Si Acung di Alam Jelemun , karya Herry Dim (1994), dengan lakon yang sama dipentaskan kembali di gedung Padepokan Seni (1996), dan 2007 di pasantren Al Mizan Majalengka. Karya ini pernah mengikuti Festival Internasional di  Athena (2007), Vietnam/Hanoi (2008), dengan nama Wayang Ajen KAKUFI (Kayu Kulit Fiber) oleh Arthur S Nalan, dan di Festival Surabaya (2008) karya ini diberi nama Wayang BungLon (Bunga Lontar) olah Arthur S Nalan.

Dengan menggunakan bahan transparan, tata cahaya khusus, dan layar khusus, Wayang Tavip mampu memvisualkan bayang-bayang  pada layar (kelir) yang wujudnya nampak jelas baik bentuk, warna, motif, ornamen sama seperti aslinya. Tehnik memainkan wayang Tavip terletak dari jauh dekatnya (besar, kecil)  antara wayang dan titik lampu. Oleh karena itu, dalang  harus memahami istilah-istilah sedehana video shoting.

Source plazadesainosmosis.wordpress.com plazadesainosmosis.wordpress.com/2012/07/04/wayang-tavip
Comments
Loading...