Jenis Wayang : Wayang Thengul Bojonegoro 1966

0 123
Pada masa orde baru (1966-1998) tampilan bentuk desain wayang thengul terkesan sederhana hal ini dapat diketahui dari beberapa pahatan dan tampilan wayang antara lain:
1) Ukiran wajah wayang baik hidung, telinga, mata, mulut  masih halus.
2) Pembuatan blangkon yang tidak sesuai dengan karakter  tokoh.
3) Aksesoris pakaian yang sederhana.  Penguatan ciri-ciri karakter yang berdasarkan sifat kurang kuat.
Ukiran pada wayang masih sederhana terutama dalam pemolesan pada mata dan telinga. Aksesoris kepala yang berupa blangkon memiliki ukiran dan pemolesan yang sederhana dan jenis blangkon yang digunakan juga salah, seharusnya wayang dengan cerita Majapahit menggunakan blangkon keraton Yogyakarta bukan blangkon dari keraton Solo. Salah satu perkembangan positif dari wayang thengul ini yaitu ukiran hidung, mulut, dan gigi yang menyerupai bentuk asli.
Wayang thengul pada masa orde baru (1966- 1998) memiliki penampilan sederhana, kualitas dalam pembuatan wayang masih terkesan kurang rapi dan kurang realistis. Pakaian dan aksesoris memiliki tampilan sederhana yaitu
pakaian dan aksesoris langsung dijahit sehingga pakaian wayang tidak bisa diganti Ekspresi wajah pada wayang thengul periode tahun 1990 memiliki ekspresi yang cukup hidup terlihat pada wajah wayang sedangkan ukiran dan polesan pada wayang cukup menarik terutama pada bagian wajah. Ukiran pada aksesoris kepala masih terlihat sederhana dan memiliki kesan kurang rapi.
Source dokumen.tips dokumen.tips/documents/seni-wayang-thengul-bojonegoro-tahun-1930-2010.html
Comments
Loading...