Jenis Wayang : Wayang Timplong, Langka Khas Nganjuk

0 163

Wayang Timplong khas Nganjuk. Wayang langka ini kembali dipertontonkan agar masyarakat kembali bisa mengingat sejarah khas Nganjuk. Wayang Timplong merupakan wayang yang berasal dari Kabupaten Nganjuk ini digelar di Desa Sukomoro Nganjuk. Wayang yang terbuat dari kayu ini, nampak sepi dari penonton. Ya, wayang peninggalan leluhur asal Nganjuk ini memang sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian warganya. Lebih kurangnya perhatian pemerintah terhadap wayang tersebut, untuk dipertunjukan pada setiap momentum penting di pemerintahan.

Meski demikian, sejumlah desa masih memiliki perhatian, salah satunya Desa Sukomoro Kecamatan Nganjuk. Wayang itu kembali ditampilkan di halaman punden desa setempat. Meski tidak banyak diminati oleh orang dewasa, namun sejumlah anak-anak mengaku senang dengan aksi tokoh pewayangan, karena bentuk wayang timpolong yang kecil dan pipih, sehingga terlihat lucu bagi anak – anak. Sementara menurut Gondowarsito, dalang Wayang Timplong.

Pertunjukan wayang timplong jarang sekali dimainkan di sejumlah desa di Kabupaten Nganjuk, sehingga wayang jenis tersebut kategori wayang langka. Wayang Timplong merupakan kesenian tradisional dan konon mulai ada sejak tahun 1910 dari Dusun Kedung Bajul Desa Jetis, Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Wayang Timplong terbuat dari kayu, baik kayu waru, mentaos, maupun pinus. Instrumen gamelan yang digunakan sebagai musik pengiring, juga sangat sederhana, hanya terdiri dari gambang yang terbuat dari kayu atau bambu.

Source pojokpitu.com pojokpitu.com/baca.php?idurut=32950
Comments
Loading...