Jenis Wayang : Wayang Urban, Inovasi Pertunjukan Wayang

0 171

Wayang Urban adalah inovasi format pertunjukan wayang modern.Wayang Urban lahir sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat dan atau kelompok-kelompok tertentu yang tertarik dengan wayang tetapi terkendala beberapa hal, seperti tidak mampu begadang semalam suntuk, tidak mampu mengapresiasi bahasa Jawa pedalangan, terbiasa dengan pertunjukan yang sudah dikemas secara padat, dan lain-lain. Wayang Urban dipentaskan pertama kali di Solo pada 2006 oleh Nanang Hape dan kawan-kawannya.

Wayang Urban memadukan disiplin pertunjukan wayang kulit, musik, dan teater dalam durasi yang lentur. Cerita yang ditampilan merujuk pada epos Mahabarata dan Ramayana yang diinterprestasi ulang. Wayang Urban dibawakan dalam bahasa Indonesia dan musik menjadi unsur media yang mengkomunikasikan cerita. Suatu pertunjukan yang memikat dan impresif. Dalam pertunjukan di pergelaran

Cipta Budaya

di Plaza Planetarium Taman Ismail Marzuki Jakarta pada Selasa (26/11), Wayang Urban membawakan lakon berjudul ‘Gatotkaca-Karna’. Gatotkaca dan Karna adalah dua ksatria tangguh yang sama-sama istimewa. Sama-sama sakti dan memiliki pendukung sendiri. Gatotkaca menjadi andalan Pandawa dan Karna menjadi andalan Kurawa. Keduanya mirip. Karna dihanyutkan ibunya sewaktu bayi dan tumbuh sendiri. Sementara Gatotkaca direnggut dewa-dewa dari susuan ibunya dan dipaksa dewasa sebelum waktunya. Bagi Gatotkaca, kesetiaan terhadap negara adalah segalanya. Sementara bagi Karna, harga diri tidak untuk dijual. Audiens dibawa untuk memilih salah satu dari dua tokoh.

Source satuharapan.com satuharapan.com/read-detail/read/wayang-urban-inovasi-pertunjukan-wayang-modern
Comments
Loading...