Jenis Wayang : Wayang Urban Revolusi, Dalang Ki Nanang

0 230

Wayang Urban Revolusi dalangnya : Ki Nanang Hape yang membesut lakon bertajuk Gejolak Revolusi. Kedua lakon itu jelas-jelas alur ceritanya keluar dari pakem. Simak lakon Wayang Urban Revolusi dimulai dari sejarah bangsa Indonesia sejak masuknya VOC (Verenigde Oostindische Compaigne). Dengan masuknya VOC ke Indonesia berarti bangsa Indonesia masuk dalam era menjadi bangsa terjajah. Selama lebih kurang 350 tahun dalam cengkeraman penjajahan Belanda bangsa Indonesia mengalami perubahan pola penjajahan.

Terakhir dengan pendudukan Jepang yang berlangsung tiga setengah tahun lamanya. Lengkaplah semua simbol yang dipujai, akan tetapi sudahkah bangsa Indonesia berdaulat untuk menentukan nasibnya sendiri tanpa campur tangan bangsa lain (asing)? Juga sudahkan sumber daya yang melimpah bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan sudahkah negara benar-benar menlindungi rakyatnya? Kiranya tidak berlebihan Wayang Revolusi memang oke.

Wayang Revolusi hadir setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1945. Pada waktu itu Pulau Jawa masih terus bergejolak dan pada masa itupun perhatian masyarakat lebih menyukai kisah VOC, mengenai cerita seorang marskal bertangan besi Daendels, yang di Jawa terkenal sebagai Tuan Guntur. Kisah lain yang dinikmati masyarakat ialah tentang Perang Jawa, dan Perang Aceh. Kondisi masyarakat pada waktu itu tidak begitu kokoh, visi politiknya terombang ambing. Sehingga membuat Raden Mas Sayid tergerak hatinya untuk membantu peranan pemimpin.

Source channelsatu.com channelsatu.com/apa-itu-wayang-revolusi
Comments
Loading...