Jenis Wayang : Wayang Wahyu, Kisah Alkitab Saji

0 107

Ratusan umat Katolik memadati serambi Gereja Mater Dei, Lampersari, Semarang, Sabtu (22/04) malam. Mereka khidmat, tapi tidak sedang dalam beribadah, melainkan menyaksikan pagelaran Wayang Wahyu, yang diadakan oleh Orang Muda Katolik (OMK) gereja setempat. Wayang Wahyu merupakan kesenian wayang kulit, namun bukan mengambil cerita Ramayana atau Mahabarata layaknya wayang Purwa. Wayang Wahyu menceritakan kisah-kisah yang terdapat dalam Alkitab.

Mengambil lakon “Banjaran Kasih Sang Penebus”, sang dalang muda Ki Yohanes Yulio diiringi Karawitan Lamsatuti Laras, OMK Paroki Mater Dei menyihir jemaat yang hadir tak beranjak selama hampir dua jam pertunjukan berlangsung. Kisah yang dibawakan dalam pertunjukan ini menceritakan hari-hari terakhir Yesus Kristus, mulai dari perjamuan terakhir, hingga wafat dan kebangkitan-Nya. Secara khusus dalang Ki Yohanes Yulio menyelipkan pesan tema paskah tahun ini.

Pesan yang dibawa adalah kita itu menjadi pelopor peradaban kasih, sesuai dengan tema paskah Gereja Katolik Keuskupan Agung Semarang yang menyatakan bahwa kasih itu sempurna, kasih itu nyata untuk segala umat manusia

ungkap Yulio. Pagelaran Wayang Wahyu ini diselenggarakan dalam rangkaian perayaan Paskah umat Katolik Paroki Materdei. Menurut Pastur Paroki Mater Dei, Romo Raymundus Sugihartanto, tema budaya, khususnya wayang wahyu, sengaja digunakan untuk mengingatkan umat paroki yang mayoritas dekat dengan Budaya Jawa ini agar menjaga keharmonisan baik di dalam Gereja.

Source regional.kompas.com regional.kompas.com/read/2017/04/23/09314321/wayang.wahyu.kisah.alkitab.yang.disajikan.dalam.bentuk.wayang
Comments
Loading...