Jenis Wayang : WO Sriwedari akan Tampil di Jakarta

0 123

Wayang Orang (WO) legendaris ‘Sriwedari’ di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, pada Selasa, 25 April 2017 mendatang. Pergelaran mengusung cerita “Mintaraga” dengan penekanan tema; interested menjunjung jati diri budaya bangsa. Lakon tersebut terinspirasi dari Serat Arjunowiwaha, yang kemudian menjadi lakon utama dalam pertunjukan ini. Pementasan ini berkaitan dengan acara Kongres IX Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), yang digelar di Jakarta.

Dengan semangat menjaga budaya, kami ingin memberi ruang apresiasi melalui pementasan Wayang Orang Sriwedari. Seni tradisi sebagai ungkapan kehidupan yang tidak hanya mengandung tatanan estetika, namun juga pandangan hidup, tata nilai dan identitas diri

papar Produser Triardhika Production, Eny Sulistyowati SPd MM kepada wartawan, di kantornya, di Jakarta Selatan, Jum’at. WO Sriwedari, terang Eny, merupakan komunitas seni budaya paling fenomenal, yang kini usianya menginjak 107 tahun.

Walau terimbas oleh dinamika zaman, grup kesenian ini tetap eksis menjaga marwah dan kegemilangannya

ujar Produser, yang juga ikut berperan sebagai Batari Supraba, dalam pementasan ini. WO Sriwedari pernah mengalami masa keemasan. Yaitu di masa Rusman, Darsi, dan Surono, sebagai penggiat Wayang yang paling banyak dikenang oleh pecinta Wayang Orang. Wayang Orang Sriwedari mempunyai kekuatan pada tokoh tokohnya, di samping konsep garapan.

Kami ingin menunjukkan bahwa Wayang Orang Sriwedari sebagai kesenian tradisional, mampu eksis dan berkembang pesat

Source Berita id.beritasatu.com/home/wo-sriwedari-akan-tampil-di-gedung-pewayangan-jakarta/158366
Comments
Loading...