Kampung Wayang : Dukuh Butuh, Potensi Wayang

0 242

Dukuh Butuh dipilih menjadi KBA karena memiliki potensi budaya kerajinan wayang kulit. Kami menyadari di era moderinasasi seperti sekarang ini tidak mudah mengajak anak-anak untuk belajar tatah sungging. Kami berharap dengan adanya program ini warga Butuh semakin bersemangat untuk berjuang melestarikan dan mengembangkan tradisi membuat wayang kulit

tutur Wahyu. Wahyu menceritakan pengrajin wayang di Dukuh Butuh selama ini hanya bersinergi dengan pelaku usaha kecil lain penyedia kulit ternak dan pembuat bilah wayang. PT Astra Indonesia berharap ketika kerajinan wayang kulit di Butuh terus hidup dan berkembang, usaha kecil lain yang berkaitan ikut sejahtera. Astra Group memberikan pendampingan dalam program KBA di Butuh selama lima tahun. Selama itu, Astra Group akan mengevaluasi rutin tiap tahun untuk melihat keberhasilan program KBA.

Astra Solo menargetkan Dukuh Butuh sebisa mungkin mapan sebagai destinasi wisata budaya sebelum 2023, atau 2-3 tahun ke depan. Anggota Komisi 1 DPRD Klaten, Sukari, mendukung pelaksaan program KBA yang menyasar Dukuh Butuh. Dia akan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten turut serta menyukseskan program tersebut. Menurut Sukari, sangat mungkin Pemkab Klaten mengadakan program beriringan dengan Astra di wilayah Dukuh Butuh. Misalnya, Pemkab membangunkan gapura penanda kampung pengrajin wayang kulit yang bisa dengan mudah dilihat wisatawan.

Pemkab saya rasa bisa ikut masuk dengan mengadakan program

Source Solo soloraya.solopos.com/read/20181231/493/962081/menyelamatkan-regenerasi-pengrajin-wayang-kulit-di-klaten
Comments
Loading...