Kayon Wayang : Kayon Gapuran Yogya, jadi Ikon Utama

0 158

Dalam pagelaran wayang kulit, gunungan wayang selalu menjadi ikon utama. Setiap memulai dan mengakhiri peristiwa, itulah saat gunungan wayang digunakan. Banyak yang bertanya, apa sih gunungan wayang itu, dan apa arti dari gambar-gambar yang ada di dalamnya. Mari, akan kita jelaskan. Disebut gunungan karena bentuknya seperti gunung dan mempunyai makna gegunungan atau tetunggul, yang berisi mitos sangkan paraning dumadi, yaitu asal mulanya hidup dan juga disebut Kayon.

Selain menggambarkan pepohonan, kata kayon tersebut mempunyai arti kayun (bahasa Kawi) atau kehendak, dalam pengertian bahasa Arab yang mempunyai makna hidup. Pada umumnya, gunungan mempunyai dua macam bentuk, yaitu kayon laki-laki yang agak meruncing bentuknya dan kayon perempuan yang bagian bawahnya nampak lebih besar lebar (dalam bahasa Jawa: mblenduk, maksudnya seperti pantat perempuan). Bentuk dari gunungan adalah segi lima, itu melambangkan lima waktu yang harus dilakukan oleh manusia dalam agama (Islam). dan bentuk meruncing juga melambangkan Tuhan YME yang ada di atas segalanya.

Adapun arti gambar pada gunungan gapuran adalah sebagai berikut:
Pohon
Melambangkan kehidupan manusia di dunia ini, bahwa Tuhan telah memberikan pengayoman dan perlindungan kepada umatnya yang hidup di dunia ini. Beberapa jenis hewan yang ada dalam pohon itu melambangkan sifat, watak, dan tingkah laku masing-masing orang dalam kehidupan sekarang ini

Source ardajogja.wordpress.com ardajogja.wordpress.com/2014/02/02/arti-gunungan-wayang-gapuran-yogyakarta
Comments
Loading...