Kerajaan Wayang : Campaladirja (Kerajaan Cempala)

0 150

Campaladirja, atau Pancaladirja, dalam Wayang Golek Purwa Sunda, adalah Kerajaan Cempala pada Wayang Kulit Purwa di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kerajaan Cempala, dalam pewayangan disebut Cempalaradya, atau Cempalaretna, atau Pancalaretna. Sedangkan Kitab Mahabarata menyebutnya Pancala. Kerajaan ini didirikan oleh Prabu Sengara, putra Batara Basuki. Setelah itu, berturut-turut negeri ini diperintah oleh Prabu Gandabayu, dan kemudian Prabu Drupada.

Kerajaan Cempala pernah diserbu oleh Pandawa dan Kurawa, ketika para putra bangsawan tinggi Astina itu masih remaja. Mereka adalah murid Begawan Drona yang dihasut dan diperalat gurunya itu. Resi Drona menaruh dendam pada Prabu Drupada karena pernah merasa dipermalukan dan disiksa oleh Gandamana, patih negeri Cempala. Akibat serangan Pandawa dan Kurawa itu, Prabu Drupada sempat tertawan dan kemudian dipermalukan oleh Begawan Drona.

Selain itu, akibat serangan itu Kerajaan Cempala terpaksa kehilangan wilayah Sokalima, yang disita oleh Drona. Sokalima kemudian menjadi tempat tinggal Begawan Drona. Beberapa waktu sesudah para Pandawa dan Dewi Kunti terpaksa meloloskan diri dari Kerajaan Astina sesudah peristiwa percobaan pembunuhan di Bale Sigala-gala, mereka sempat tinggal beberapa waktu di Cempala. Pada saat inilah Bima memenangkan sayembara, dan memboyong Dewi Drupadi untuk diperistri Puntadewa. Dalam perang besar antara keluarga Kurawa dan Pandawa yang terkenal dengan sebutan Baratayuda, Kerajaan Cempala memihak Pandawa.

Source wayangindonesia.web.id wayangindonesia.web.id/cempala-kerajaan.wayang
Comments
Loading...