Lakon Pewayangan : Anoman Duta (Gaya Banjar)

0 345

Lakon Pewayangan Anoman Duta (Gaya Banjar). Dewi Sinta ditawan Rahwana di negara Alengka. Oleh Rama diutuslah Anoman dengan cara diam-diam ke Alengka untuk menemui Dewi Sinta serta mengirimkan sebuah cincin. Bila cincin itu longgar, suatu tanda bahwa Dewi Sinta tidak suci lagi. Di negara Alengka, Anoman berhasil menemui Dewi Sinta dan membuktikan kesuciannya yang belum dinodahi Dasamuka. Anoman kemudian diketahui oleh orang-orang Alengka kemudian tertangkap dan ekornya dibakar.

Anoman melompat membawa api itu ke seluruh kota, sehingga seperempat negara Alengka habis terbakar. Prabu Rama akhirnya memerintahkan kepada Anoman untuk melakukan perjalanan kenegeri Alengka. Hal ini dilakukan oleh Prabu Rama mengingat berita yang simpang siur tentang keberadaan Dewi Sinta.Pertimbangan itu diambil karena Anoman memiliki kesaktian yang cukup tinggi. Sehingga apabila menghadapi musuh yang ditemuinya nanti dalam perjalanan, akan dapat diselesaikan dengan baik.

Terlebih-lebih pula Anoman dapat terbang keangkasa, sehingga Prabu Rama dapat memperkirakan, perjalanan Anoman akan lebih cepat dari pada para senapati lainnya. yang lewat daratan. Apalagi perjalanan ini akan melewati samudera, dan merupakan tugas pertama menuju Alengka. Anoman berpamitan kepada Prabu Rama,untuk segera melaksanakan tugas. Namun kemudian datanglah Anggada menghadap Prabu Rama. Anggada adalah putra Subali dengan Dewi Tara. Anggada minta Prabu Rama untuk membatalkan niatnya mengutus Anoman ke Alengka.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...