Lakon Pewayangan : Antasena Takon Bapa, Muncul

0 285

Kisah ini menceritakan kemunculan Raden Antasena, yaitu putra Arya Wrekodara yang lahir dari Dewi Urangayu, yang di gabungkan pula dengan kisah pernikahan Raden Antareja dengan Dewi Ganggi, putri Prabu Ganggapranawa. Batara Baruna diserang musuh bernama Prabu Minalodra. Di Kahyangan Jonggringsalaka, Batara Guru sedang memimpin pertemuan para dewa yang dihadiri Batara Narada, Batara Sambu, Batara Brahma, Batara Bayu, Batara Indra, dan Batara Panyarikan.

Dalam pertemuan tersebut mereka membicarakan adanya gara-gara di alam manusia, yaitu putra Arya Wrekodara yang lahir dari Dewi Urangayu, sudah berusia dua puluh tahun tetapi masih berwujud bayi. Batara Guru meramalkan bayi tersebut kelak akan menjadi kesatria pembela kebenaran yang memiliki kesaktian luar biasa, serta menjadi lambang kejujuran. Tidak lama kemudian datanglah Batara Baruna yang melaporkan adanya musuh menyerang Kahyangan Dasarsamodra.

Batara Baruna adalah dewa yang bertugas memimpin dan mengatur para binatang di dalam lautan. Tiba-tiba ia diserang seorang raja raksasa bersisik ikan bernama Prabu Minalodra yang bermaksud merebut kedudukannya tersebut. Tentu saja Batara Baruna melawan karena memimpin lautan adalah amanah yang diberikan Batara Guru kepadanya. Tak disangka, Prabu Minalodra ternyata begitu perkasa. Raja raksasa itu mampu mengalahkan dan mengusir Batara Baruna dari Kahyangan Dasarsamodra. Batara Baruna pun datang ke Kahyangan Jonggringsalaka untuk memohon bantuan Batara Guru menghukum.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/11/antasena-takon-bapa_29.html
Comments
Loading...