Lakon Pewayangan : Arjuna Tapa Gunung Indrakila

0 334

Tidak berapa lama Pandawa pindah ke hutan Kamyaka dan tinggal di tepi sungai Saraswati. Setelah merasa tentram, Arjuna berangkat ke kahyangan dengan membawa panah menuju ke gunung Himalaya. Sesampai di Indrakila mendengar suara agar Arjuna berhenti. Seorang resi berdiri di bawah pohon mengatakan kepada Arjuna, mengapa membawa panah, sedang daerah ini tempat para brahmana yang sudah meninggalkan rasa marah. Jadi daerah ini adalah daerah yang tenteram.

Sebab itu panah harus ditinggalkan. Mendengar ucapan Brahmana itu Arjuna tidak mempedulikan dan tidak akan membuang senjatanya. Sang Brahmana tidak marah, malahan mengaku bahwa dia adalah Hyang Indra yang akan mengabulkan permintaannya. Seketika itu Arjuna menyembah kaki Indra seraya memohon agar diberi senjata para dewa. Hyang Indra menjawab, karena Arjuna sudah sampai di tempat itu berarti telah mendapatkan kebahagiaan hidup, sehingga tidak perlu lagi senjata, yang lebih utama adalah ketentraman hati.

Arjuna mengatakan bahwa yang diharapkan adalah ketenteraman dunia, bukannya ketentaraman pribadi, dan tidak akan meninggalkan saudaranya yang sekarang masih hidup sengsara di hutan. Hyang Indra kemudian bersabda bahwa beliau hendak menganugerahkan senjata dari sorga, apabila Arjuna sudah dapat bertemu Sang Hyang Siwah bersenjatakan trisula (tombak yang bercabang tiga). Oleh sebab itu Arjuna dlperintahkan bertapa agar dapat rnelihat Sang Hyang Siwah setelah Indra kembali.

Source bsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...